Hari Ini, Program Vaksinasi COVID-19 Gratis Dimulai

- 13 Januari 2021, 09:20 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin CoronaVac Rabu (13/1). /Twitter/

PORTAL SULUT - Hari ini Rabu 13 Januari 2021, Pemerintah akan memulai program vaksinasi COVID-19 secara gratis.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan menjadi penerima pertama vaksin tersebut.

“Insyaallah, Bapak-Ibu kita akan mulai di hari Rabu dan akan dimulai oleh Bapak Presiden,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin 11 Januari 2021 lalu, seperti dikutip Portal Sulut dari Setkab.go.id, di Kantor Presiden, Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Laksanakan Vaksin Covid-19 Perdana Pukul 10 Pagi, Disiarkan Langsung di Link Ini

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah memberikan persetujuan penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin COVID-19.

“Pada hari ini, Senin, tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan izin penggunaan dalam kondisi emergency (emergency use authorization) untuk vaksin COVID-19 yang pertama kali kepada vaksin CoronoVac produksi Sinovac Biotech Inc. yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam keterangan persnya, di Jakarta, Senin 11 Januari 2021 lalu.

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin tersebut halal dan suci.

Baca Juga: Benarkah Pendaftaran Bantuan UMKM Bisa lewat Facebook? Cek Faktanya

“Yang terkait aspek kehalalan, setelah dilakukan diskusi panjang penjelasan auditor, rapat Komisi Fatwa menyepakati bahwa vaksin COVID-19 yang diproduksi Sinovac Lifescience yang sertifikasinya diajukan Bio Farma, suci dan halal,” ujar Ketua MUI Bidang Fatwa KH. Asrorun Niam Sholeh, Jumat 8 Januari 2021.

Sebagaimana disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin, program vaksinasi adalah salah satu strategi utama untuk menyelesaikan masalah pandemi COVID-19 dan dibutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk dapat menyelesaikan program ini. Untuk itu, ia berharap dukungan serta partisipasi dari seluruh rakyat Indonesia.

Halaman:

Editor: Ainur Rofik

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X