PIP 2021 Sudah Cair, Wow Ternyata Siswa yang Lulus Masih Menerima

- 14 Januari 2021, 07:29 WIB
Program merdeka belajar siapkan BLT PIP Rp1 juta, cek penerimanya di laman pip.kemdikbud.go.id /Kemdikbud.go.id/WARTA SAMBAS

PORTAL SULUT - Dana Program Indonesia Pintar (PIP) siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) sudah cair.

Di SMPN 1 Kotamobagu Sulawesi Utara sudah melakukan pencairan, penerima merupakan siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Kepala SMPN 1 KK Satar Dundo SPd MPd menjelaskan, siswa penerima dana PIP telah diusulkan oleh sekolah berjumlah 229. Tahap usulan merupakan kewajiban sekolah untuk turut membantu siswa dalam menerima dana yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Baca Juga: 44 Link Pendaftaran BLT UMKM 2,4 juta Sudah Buka? Simak Penjelasan Lengkap Disini

"Tahap pengaktifan data siswa penerima PIP diberikan kepada pihak sekolah untuk di aktifasi, karena data siswa penerima PIP akan dimasukkan dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik), selanjutnya sekolah menunggu Surat Keputusan (SK) penetapan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), yang kemudian disampaikan oleh sekolah ke masing-masing siswa penerima. Jika SK penetapan telah diedarkan, secara otomatis siswa penerima PIP telah aktif dan tinggal menunggu jadwal pencairan," jelasnya, Kamis 14 Januari 2021.

Dikatakannya, saat ini dana sudah bisa dicairkan oleh orang tua melalui sekolah, karena sekolah akan mengurus pencairan dana dan diberikan kepada orang tua.

Adapun dokumen yang perlu disiapkan oleh orang tua sebagai penerima yakni buku rekening asli, fotocopy kartu keluarga (KK), fotocopy akte lahir siswa dan fotocopy KTP orang tua.

Baca Juga: Tetap Sehat dan Bugar Setelah Divaksin, Jokowi: Agak Pegal Sedikit

"Berkas bisa diserahkan kepada operator sekolah atas nama Stella M Santi SPd. Dihimbau juga kepada siswa penerima PIP yang telah lulus untuk bisa mengecek ke sekolah, karena ada beberapa siswa yang dinyatakan lulus tetapi masih menerima dana di sekolah," pesannya.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X