Dijamin Rejeki Anda Akan Lancar, Sedekahi Dua Orang Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

- 25 November 2021, 15:45 WIB
Ustadz Adi Hidayat
Ustadz Adi Hidayat /

PORTAL SULUT -- Menurut Ustadz Adi Hidayat selain fakir miskin, dua kriteria orang ini merupakan salah satu yang wajib dberikan sedekah.

Bagi Ustadz Adi Hidayat, kriteria untuk orang yang wajib disedekahi yang pertama adalah orang tua. Al-Quran memeritahkan Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (QS: Al-Isra ayat 23-24).

Sebagaimana dalam ayat diatas dilansir Portal Sulut, Kamis 25 November 2021 dari video kanal YouTube Audio Dakwah. Ustadz Adi Hidayat menjelaskan tentang kriteria orang yang pantas disedekahi tersebut. Sedekah kepada kedua orang tua sendiri karena merupakan bentuk bakti seorang anak.

Baca Juga: Ini Amalan Agar Cepat Dikaruniai Anak Menurut Ustadz Adi Hidayat

Lanjut Ustadz Adi Hidayat, terkadang orang tua tidak pernah meminta akan tetapi sebagai anak hendaknya peka dengan kebutuhan orang tua.

Setelah orang tua, ada kerabat dekat. Menurutnya Ustadz Adi Hidayat, kerabat terdekat ini dibagi menjadi dua macam.

Yang pertama adalah saudara kandung tapi jauh tempat tinggalnya. Sementara yang kedua adalah orang lain tapi tempat tinggalnya dekat, seperti tetangga.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, baik orang tua, saudara, dan tetangga sekalipun seorang non muslim, masih tetap dianjurkan untuk disedekahi.

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS. An-Nahl: 90).

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X