2.272 Petugas Sensus Penduduk 2020 Sulut Kunjungi Rumah

- 4 September 2020, 07:30 WIB
Sensus penduduk September./Twitter.com/@bps_statistics
Sensus penduduk September./Twitter.com/@bps_statistics /

PORTAL SULUT - Sebanyak 2.272 Petugas Sensus Penduduk 2020 (SP2020) sudah mulai melaksanakan tugas wawancara sensus.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara Dr Ateng Hartono berharap masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara dapat menerima petugas dengan baik saat datang ke rumah-rumah warga.

"Kepada masyarakat agar berkenan menerima kedatangan petugas dan membantu memberikan jawaban yang diperlukan dalam kegiatan 10 tahun sekali ini. Jawaban yang diberikan akan sangat berguna bagi pemerintah untuk data kebijakan pembangunan,” ujarnya, Kamis 3 september 2020, yang dikutip Portal Sulut dari Antara.

Baca Juga: Hanya Tiga Rekening Pencairan BLT Rp2,4 Juta UMKM. Bagaimana Rekening Lain?

Petugas sensus sudah melakukan protokol kesehatan COVID-19 seperti rapid test, mengunakan masker, pelindung wajah, sarung tangan, dan penyanitasi tangan dalam pelaksanaan di lapangan.

"Bila warga menemukan petugas sensus tidak menjalankan protokol yang dimaksud dapat melaporkan kepada kami pada WA Center SP2020 081299052020,” ungkap Ateng.

Petugas sensus, kata dia, dapat dikenali dari tanda pengenal berupa rompi, memakai alat perlindungan diri (APD), menggunakan "name tag", dan surat tugas resmi dari BPS.

Baca Juga: Target Maret 2021, Tol Manado - Bitung Selesai

"Mereka, para petugas sensus penduduk itu tidak meminta sumbangan, tidak meminta bayaran, tidak menawarkan barang dan tidak meminta data-data rahasia seperti nomer rekening, pin, dan lain sebagainya," terangnya.

"Bila ada yang melakukan apa yang dilarang seperti yang saya sebutkan tadi, maka masyarakat bisa melaporkan ke BPS kabupaten dan kota," katanya.

Dalam SP2020, petugas lapangan terdiri atas petugas sensus (PS), satu PS akan bertugas di sekitar 10 satuan lingkungan setempat (SLS) seperti RT, atau sekitar 600 keluarga.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Terjang Sumatera Utara, Waspada Sembilan Daerah Ini

Koordinator sensus kecamatan (Koseka) akan mengkoordinasikan dan mengawasi sekitar 15 petugas sensus.

“Saat turun ke lapangan, PS membawa daftar penduduk. Bersama ketua SLS melakukan pemeriksaan daftar penduduk. Setelah itu, PS bersama ketua SLS akan melanjutkan dengan verifikasi dari rumah ke rumah," pungkanya. ***

Editor: Ainur Rofik

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x