Apakah Sertifikasi Guru atau TPG 2024 Cair Hari Ini 16 April 2024, Cek Informasi di Sini

- 15 April 2024, 19:12 WIB
Tak lama lagi masuk proses pencairan sertifikasi guru atau TPG triwulan I tahun 2024
Tak lama lagi masuk proses pencairan sertifikasi guru atau TPG triwulan I tahun 2024 /

PORTAL SULUT - Selasa 16 April 2024 adalah hari yang ditunggu-tunggu para guru bersertifikasi. Hari pertama masuk kerja ini, para guru berharap ada kabar pencairan sertifikasi guru atau Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan I 2024.

Para guru ini menunggu kabar sejak sebelum Lebaran 2024, namun hingga saat ini belum ada informasi jadwal pencairan TPG.

Saat cek di Info GTK sudah ada perubahan status kode pencairan namun belum ada informasi kapan pencairan TPG atau sertifikasi Guru.

Menteri Nadiem Makarim sebelumnya mengatakan jika pencairan TPG Triwulan 1 Tahun 2024 akan dimulai sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"TPG Triwulan I Tahun 2024 akan mulai dicairkan pada pertengahan April 2024, dan diharapkan seluruhnya selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri," ujar Nadiem dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pendidikan Tahun 2024 di Jakarta, Jumat 15 Maret 2024 lalu.

Baca Juga: Buka Info GTK di Komputer atau Laptop, Ada Perubahan Kode Jelang Pencairan Sertifikasi Guru atau TPG 2024

Lantas apakah Selasa 16 April 2024 ini akan dimulai pencairan sertifikasi guru?

Mekanisme Pencairan Sertifikasi Guru

Sekedar diketahui, proses pencairan sertifikasi guru terbilang cukup lama. Dikutip dari mekanisme pemberkasan penyaluran TPG ASN Kabupaten Purwakarta, butuh waktu 13 hari dari proses valid di Info GTK hingga pencairan sertifikasi guru.

1. Info GTK setelah dilakukan verifikasi dan validasi pengelola sertifikasi akan melakukan proses entry ke sistem Informasi Manajemen Tunjangan (SIMPTUN) untuk proses penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) selama kurang lebih 7 hari kerja.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah