Kasus Meningkat, Waspada Campak pada Anak, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

- 25 Januari 2023, 06:52 WIB
Ilustrasi. Cek gejala hingga cara pencegahan penyakit campak.
Ilustrasi. Cek gejala hingga cara pencegahan penyakit campak. /Pixabay/StockSnap

PORTAL SULUT - Temuan kasus campak meningkat di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan berbagai upaya guna mencegah penambahan kasus campak di Tanah Air pada 2023, mengingat adanya kenaikan jumlah kasus penyakit tersebut sepanjang 2022 lalu.

Nah, salah satu penyakit yang kerap dialami anak-anak adalah campak. Namun, penyakit ini juga bisa terjadi pada orang dewasa jika belum pernah mengalaminya semasa anak-anak.

Penting bagi kita semua untuk mengenal penyakit campak sejak dini. Sebagian besar masyarakat kita masih awam terhadap penyakit berbahaya ini sehingga diperlukan peran aktif masyarakat serta instansi terkait untuk terus mengedukasi dampak dan resiko yang bisa ditimbulkan campak bagi kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Penyebab Bayi Meninggal Dalam Kandungan, Apa Sajakah itu? Simak Penjelasannya hingga Selesai!

Campak tergolong penyakit berbahaya dan menular yang dapat menyebabkan komplikasi yang berujung pada kematian, penyebarannya sangat mudah melalui saluran pernafasan.

Para orangtua sebaiknya waspada dan memahami gejala terkait penyakit ini agar segera bisa mengambil langkah-langkah penanganan.

Yuks simak informasi lengkap seputar campak berikut ini, sebagaimana disarikan dari berbagai sumber.

Apa itu penyakit campak?

Mengutip dari Mayo Clinic, campak atau tampek (measles) adalah infeksi pada bayi dan anak-anak yang disebabkan oleh virus RNA - virus yang materi genetiknya berupa asam nukleat yang berbentuk rantai ganda berpilin - yang termasuk famili Paromyxavirus.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah