5 Amalam Malam Lailatul Qadar bagi Wanita yang Sedang Nifas dan Haid

- 31 Maret 2024, 21:45 WIB
5 Amalam Malam Lailatul Qadar bagi Wanita yang Sedang Nifas dan Haid
5 Amalam Malam Lailatul Qadar bagi Wanita yang Sedang Nifas dan Haid /Mohamed_Hassan/Pixabay


PORTAL SULUT - Meskipun sedang dalam masa haid dan nifas, wanita masih bisa mendapatkan pahala di malam kemuliaan Lailatul Qadar.

Dengan kata lain, lewat memperbanyak ibadah dengan beberapa amalan ini, meski sedang dalam masa haid maupun nifas, para wanita masih bisa memperoleh pahala di malam Lailatul Qadar.

Adapun malam Lailatul Qadar datang akan terjadi di Bulan Ramadhan yakni, pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan.

Dalam banyak literatur Islam menyebutkan, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Daftar Malam Ganjil 10 Hari Terakhir Ramadhan 2024, Ciri Malam Lailatul Qadar kata Ustadz Adi Hidayat dan UAS

Tentunya, ibadah yang dianjurkan Rasulullah SAW juga berlaku bahkan wajib dilakukan di 10 hari terakhir Ramadhan agar bisa mendapatkan anugerah Lailatul Qadar.

Lantas, apa saja amalan yang bisa dilakukan para wanita muslimin agar bisa mendapatkan pahala di malam Lailatul Qadar meski dalam masa nifas maupun haid?

Dikutip Portalsulut.pikiran-rakyat.com dari Instagram @indadari.

Juwaibir mengatakan bahwa dia pernah bertanya pada Adh-Dhahak, "Bagaimana pendapatmu tentang wanita nifas, haid, musafir, dan orang yang tidur; apakah mereka bisa mendapatkan bagian dari lailatul qadar?" Adh-Dhahak pun menjawab, "Iya, mereka tetap bisa mendapatkan bagian. Setiap orang yang Allah terima amalannya akan mendapatkan bagian lailatul qadar." (Lathaif Al-Ma'arif, hlm. 341)

Keterangan ini menunjukkan bahwa wanita haid, nifas dan musafir tetap bisa mendapatkan bagian lailatul qadar.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub