Masa Depan UMKM, Inilah 5 Kriteria Wajib Dimiliki Oleh UMKM

- 1 Agustus 2023, 07:18 WIB
Masa Depan UMKM, Inilah 5 Kriteria Wajib Dimiliki Oleh UMKM
Masa Depan UMKM, Inilah 5 Kriteria Wajib Dimiliki Oleh UMKM /Muhammad Irfan Fadilah /


PORTAL SULUT - Memiliki nilai pada usaha bagi para pengusaha merupakan masa depan yang harus memenuhi kriteria ini.

Merupakan masa depan para pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus maju dan harus memiliki kriteria dari pengembangan usahanya yang harus di penuhi UMKM baik dalam legalitas usaha maupun berinovasi dalam perkembangan zaman saat ini.

Maka dengan demikian ada lima kriteria yang harus dimiliki oleh UMKM di kutip KemenkopUKM yaitu, memiliki legalitas usaha yang lengkap, memanfaatkan ilmu pengetahuan dan riset untuk menciptakan inovasi, memanfaatkan teknologi digital dalam seluruh kegiatan usaha dengan optimal, menerapkan aspek-aspek keberlanjutan dan tanggung jawab sosial, senang berjejaring dan membangun kolaborasi.

Baca Juga: Tunjangan THR 50 Persen TPG 2023 Kapan Cair? Cek di Sini

UMKM merupakan masa depan harus memenuhi 5 kriteria:

1. Memiliki legalitas usaha yang lengkap

UMKM masa depan penting memiliki legalitas usaha yang lengkap agar bisa mengakses berbagai peluang pembiayaan dan pengembangan usaha

Secara tidak langsung, legalitas memberikan jaminan bagi UMKM untuk bisa melakukan kerja sama bisnis yang lebih besar lagi di kemudian hari

2. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan riset untuk menciptakan inovasi

UMKM masa depan harus dapat mengolah ilmu pengetahuan dan riset berbasis data untuk melahirkan inovasi yang dapat mengembangkan usahanya. Caranya bisa melakukan penelitian sendiri, ataupun berkolaborasi dengan perguruan tinggi dan kelompok peneliti.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x