Kabari Baik UMKM Sulawesi Utara dan Seindonesia Cair BLT 2 Juta Tanpa Daftar BPUM 2023 BRI eform.bri.co.id

- 16 Februari 2023, 20:46 WIB
Ilustrasi Kabari Baik UMKM Sulawesi Utara dan Seindonesia Cair BLT 2 Juta Tanpa Daftar BPUM 2023 BRI eform.bri.co.id
Ilustrasi Kabari Baik UMKM Sulawesi Utara dan Seindonesia Cair BLT 2 Juta Tanpa Daftar BPUM 2023 BRI eform.bri.co.id /Pixabay.com/IkbalNuril/

PORTAL SULUT – Pengumuman UMKM bisa menerima BLT Rp 2 juta tanpa perlu terdaftar di BPUM 2023.  Banpres Produktif Usaha Mikro atau BPUM menjadikan program BLT UMKM dijalankan Kenmenkop UKM ingin membantu pelaku usaha mikro.

Ini tentu saja kabar baik untuk UMKM di Sulawesi Utara sampai seindonesia. Program ini pertama kali berjalan tahun 2020, BPUM bertujuan membantu pelaku UMKM di tengah Pandemi Covid dengan minial Rp 2,4 juta.

Pada 2021 sendiri, nominal BLT UMKM turun sebesar Rp 1,2 juta baik pada 2020 atau 2021. Pada tahun-tahun tersebut jumlah penerima BPUM sudah meraih 12 juta pelaku usaha.

Baca Juga: Pinjaman KUR BRI Rp 50 Juta dan KUR Mandiri Rp 50 Juta, Pilih Mana? Ini Tabel Angsuran dan Tenor

Sementara itu pada tahun 2022, Banpres BPUM mengumumkan melanjutkan program ini. Akan tetapi sampai tahun 2022 usai, BLT UMKM tak kunjung disalurkan untuk umkm.

Tahun 2022 lalu, beberapa program bansos sudah berjalan sebelumnya semisal BSU dan Kartu Prakerja. Namun demikian sejumlah daerah tahun lalu menjalankan program Banpres BPUM, namun bukan dari Kemenkop UKM.

Buat BPUM yang dijalankan Kemenkop UKM, sudah dipastikan tidak ada di tahun 2023. Menteri Koperasi serta UKM Teten Masduki menyatakan tahun 2023 pemerintah tak lagi menggulirkan bantuan ini. “Per hari ini, pemerintah merasa UMKM sudah cukup pulih, survive, sehingga program hibah BPUM tak diperlukan,:” terang Teten.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x