Link Pendaftaran Bantuan Rp700 Ribu untuk Pekerja, Bukan BSU dan Tak Wajib Ada BPJS Ketenagakerjaan

- 6 Januari 2023, 07:27 WIB
 Ilustrasi Pendaftaran Bantuan Rp700 Ribu untuk Pekerja, Bukan BSU dan Tak Wajib Ada BPJS Ketenagakerjaan /  instagram @infobansos
Ilustrasi Pendaftaran Bantuan Rp700 Ribu untuk Pekerja, Bukan BSU dan Tak Wajib Ada BPJS Ketenagakerjaan /  instagram @infobansos /


PORTAL SULUT - Pemerintah melanjutkan sejumlah bantuan di tahun 2023 ini. Salah satunya untuk pekerja.

Meski Bantuan Subsidi Upah (BSU) sudah dihapus di tahun 2023 ini, namun masih ada bantuan untuk pekerja. Nilai bantuannya Rp700 ribu, yang rencananya akan dibuka Januari 2023 ini.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan akan membahas detail anggaran yang akan digunakan untuk Program Kartu Prakerja skema normal pada 2023.

Baca Juga: Sebelum Daftar Kartu Prakerja 2023, Wajib Buat Akun Dulu, Ini Caranya

Ia menyebut anggaran Program Kartu Prakerja 2023 yang sebesar Rp2,67 triliun untuk 495 ribu akan menggunakan skema penganggaran seperti 2020.

"Namun target pesertanya tahun ini 1 juta. Anggaran akan diupayakan untuk ditambah untuk menggenapi 1 juta tersebut," imbuhnya.

Syarat untuk peserta Program Kartu Pra Kerja skema normal pada 2023 tidak berubah dibandingkan dengan sebelumnya dan pendaftaran juga bisa dilakukan melalui situs web resmi Program Kartu Pra Kerja.

"Program ini tidak hanya untuk pengangguran atau fresh graduate, tapi juga untuk korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan para pekerja yang membutuhkan peningkatan keterampilan," imbuhnya.

Terkait dengan pelaksanaan skema normal tersebut, kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pada tahun 2023 pemerintah akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp4,2 juta per individu dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Jika disimpulkan insentif peserta Kartu Prakerja sebesar Rp700 ribu, terdiri dari insentif Rp600 ribu dan insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x