Update 10 Maret 2022: Nilai Tukar Rupiah Melemah, Ini Pemicunya

- 11 Maret 2022, 18:42 WIB
Update 10 Maret 2022: Nilai Tukar Rupiah Melemah, Ini Pemicunya
Update 10 Maret 2022: Nilai Tukar Rupiah Melemah, Ini Pemicunya /Neng Anne Mustika/bagikanberita.com
 

PORTAL SULUT - Hari ini, Jumat 10 Maret 2022, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada jelang akhir pekan ditutup melemah.

Hal itu terjadi seiring gagalnya negosiasi antara Rusia dan Ukraina serta tingginya inflasi di Amerika Serikat.

Rupiah ditutup melemah 25 poin atau 0,18 persen ke posisi Rp14.301 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.276 per dolar AS.
 
Baca Juga: Dibayangi Sentimen Geopolitik di Ukraina dan Naiknya Suku Bunga di Federal Reverse, Rupiah Malah Makin Menguat

"Pelemahan rupiah salah satunya dipicu negosiasi yang gagal, sedangkan dolar AS makin menguat pasca-rilis data inflasi 7,9 persen yang akan semakin menkonfirmasikan hawkisness The Fed pada FOMC minggu depan," kata Analis DCFX Futures Lukman Leong saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 10 Maret 2022, dilansir dari Antara.

Pembicaraan antara Menteri Luar Negeri Rusia dan Ukraina tidak membuat kemajuan nyata menuju gencatan senjata.

Di sisi lain, investor juga mencermati data inflasi Februari dari AS yang sesuai dengan ekspektasi, tetapi juga menunjukkan peningkatan secara tahunan terbesar sejak Januari 1982.
 
Baca Juga: IMF Katakan Perang di Ukraina Memiliki Dampak Parah pada Ekonomi Global

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Kamis 10 Maret 2022, bahwa Indeks Harga Konsumen AS meningkat sebesar 0,8 persen (mom) pada Februari, atau 7,9 persen (yoy).

Pelaku pasar sepenuhnya memperkirakan bank sentral akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan moneter minggu depan.

"The Fed pada rilis minute minggu lalu mensinyalkan akan melakukan yang ekstrem untuk menekan inflasi walau mengorbankan ekonomi," ujar Lukman.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.295 per dolar AS.
 
Baca Juga: Tutorial Gaya Rambut Top Knot Perempuan, Kamu Wajib Tahu

Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.287 per dolar AS hingga Rp14.318 per dolar AS.

Sementara itu kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat melemah ke posisi Rp14.306 per dolar AS, jika dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.298 per dolar AS.***
 



 
 
 
 
 
 
 
 
   
 
 
 
 
 

Editor: Jaka Prasojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah