Daftar 6 Bansos di tahun 2022 Serta Jumlah Penerimanya, Dari PKH sampai Kartu Prakerja

- 8 Februari 2022, 18:44 WIB
Ilustrasi daftar bansos yang akan cair 2022 termasuk PKH dan Kartu Prakerja.
Ilustrasi daftar bansos yang akan cair 2022 termasuk PKH dan Kartu Prakerja. /Reuters/Willy Kurniawan/
 
PORTAL SULUT - Daftar 6 bansos di tahun 2022 serta jumlah penerimannya, dari PKH sampai Kartu Prakerja. 
 
Dikabarkan, mulai Februari 2022 bansos dari pemerintah RI sedang dicairkan. 
 
Untuk para pengangguran atau sedang mencari kerja, pemerintah membuka kesempatan untuk mendaftarkan diri pada Kartu Prakerja gelombang 23. 
 
Melansir dari Antara, Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing mengatakan, sejak 5 Januari 2022 telah dibuka pembuatan akun bagi calon penerima yang hanya bisa dilakukan melalui lewat situs resmi www.prakerja.go.id
 
"Silakan sobat prakerja membuat akun, sembari menunggu pengumuman pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 23," ujarnya. 
 
Tak hanya itu, selain Kartu Prakerja ada beberapa bantuan dari pemerintah yang bisa dinikmati oleh masyarakat yang membutuhkan. 
 
Pemenritah melalai Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran Rp414 triliun untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN) pada tahun 2022 dalam rangka tetap membantu masyarakat dan dunia usaha agar bertahan di tengah pandemi covid -19. 
 
“Untuk 2022 kita tetap melakukan PC-PEN sebesar Rp414 triliun yang terdiri dari area kesehatan, perlindungan masyarakat dan penguatan pemulihan ekonomi,” katanya dalam Kongres AAIPI Tahun 2021 di Jakarta, Selasa 23 November 2021. 
 
Sri Mulyani menyebutkan fokus dari program PEN tahun depan meliputi bidang kesehatan dengan anggaran Rp117,9 triliun, perlindungan masyarakat Rp154,8 triliun dan penguatan pemulihan ekonomi Rp141,4 triliun. 
 
"untuk anggaran bidang kesehatan Rp117,9 triliun dan perlindungan masyarakat Rp154,8 triliun masih akan disesuaikan seiring perkembangan penanganan Covid-19," jelas Sri Mulyani.
 
Sementara untuk anggaran penguatan pemulihan ekonomi sebesar Rp141,4 triliun merupakan tagging atas program eksisting pada Kementerian/Lembaga (K/L), TKDD dan pembiayaan yang angkanya masih bersifat sementara dan dalam proses koordinasi. 
 
Secara rinci, bidang kesehatan Rp117,9 triliun akan digunakan untuk testing, tracing, treatment, perawatan pasien covid-19 dengan cost sharing bersama BPJS, serta insentif tenaga kesehatan pusat dan daerah. 
 
Lebih lanjut, juga digunakan untuk vaksinasi yakni pengadaan vaksin baik dari pemerintah maupun mandiri, insentif perpajakan vaksin, penanganan kesehatan lainnya di daerah serta antisipasi kesehatan lainnya. 
 
Kemudian pos penguatan pemulihan ekonomi sebesar Rp141,4 triliun terdiri atas program kegiatan terkait infrastruktur konektivitas, pariwisata dan ekonomi kreatif, ketahanan pangan, ICT, kawasan industri, investasi pemerintah, insentif perpajakan serta dukungan UMKM, korporasi dan BUMN. 
 
Untuk pos perlindungan masyarakat atau bansos Menkeu Sri Mulyani menganggarkan Rp154,8 triliun. 
 
Berikut ini daftar bansos di tahun 2022 serta jumlah penerimannya : 
 
1. PKH untuk 10 juta KPM 
 
2. Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM 
 
3 Kartu Prakerja untuk 2,9 juta peserta 
 
4. Dukungan program jaminan kehilangan pekerjaan 
 
5. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, serta 
 
6. Antisipasi pelunasan program perlinsos lainnya. 
 
Demikian informasi bansos pemerintah sepanjang tahun 2022 serta jumlah penerimannya.***

Editor: Rensa Bambuena


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah