Cek Nama Penerima Baru Bansos 2022 di Sini, 7 Bantuan Diperpanjang

- 7 Februari 2022, 14:53 WIB
Bansos yang akan cair Februari 2022, nama penerima cek di link ini.
Bansos yang akan cair Februari 2022, nama penerima cek di link ini. /Tangkap layar Instagram.com/ @kemensosri

PORTAL SULUT - 7 Bansos secara resmi diperpanjang oleh Presiden Jokowi di Tahun 2022.
 
Dilansir dari kanal YouTube PKH Reportase, Pemerintah menyiapkan anggaran dana untuk program bantuan sosial Tahun 2022 sebesar 154,8 Triliun Rupiah.
 
 
Hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang masih terdampak pandemi Covid-19. 
 
Dimana dari 154,8 Triliun Rupiah, untuk keluarga harapan tetap yaitu 10 juta penerima dan untuk kartu sembako yaitu 18,8 juta penerima, kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato.
 
Berikut 7 Bansos yang akan cair adalah:
 
1. Kartu Prakerja
Program kartu prakerja di pastikan bergulir, selanjutnya dibuka pada bulan Februari 2022. Ini merupakan bantuan bagi masyarakat yang belum bekerja atau kehilangan pekerjaan karena terdampak Covid-19.
 
Dalam program ini, setiap peserta yang lolos berhak mendapatkan dana 3,5 Juta Rupiah. Dimana 1 juta Rupiah untuk pembelian paket pelatihan daring.
 
Usai melakukan pelatihan dan mendapat sertifikat, peserta akan mendapatkan dana sebesar Rp600.000 perbulan selama 4 bulan. 
 
dan akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp150.000 setelah selesai mengisi 3 kali survey.
 
2. BLT Dana Desa
Pemerintah memberikan anggaran untuk BLT Dana Desa sebesar 68 Triliun Rupiah. Dana tersebut akan dibagi ke 74 Ribu Desa di seluruh Indonesia, dan setiap keluarga diberikan Rp300.000 perbulan.
 
Halim menjelaskan, 40 persen Dana Desa akan digunakan untuk BLT sedangkan sisanya untuk pemberdayaan masyarakat, seperti program ketahanan pangan dan penanganan Covid-19.
 
3. Bansos Jaminan Kehilangan Pekerjaan
Dukungan program jaminan kehilangan pekerjaan atau JKP merupakan instruksi dari pemerintah.
 
Penerima manfaat dari program ini adalah pekerja atau buruh yang terdaftar dalam program jaminan sosial.
 
Bantuan yang diberikan berupa uang tunai, informasi lapangan kerja dan pelatihan kerja. Berbagai fasilitas ini dapat diterima melalui program BPJS Ketenaga Kerjaan.
 
 
4. BLT Penduduk Miskin Ekstrim
Pemerintah memutuskan untuk penyaluran Bansos tunai kepada pedagang kaki lima, nelayan, pemilik warung, hingga masyarakat miskin ekstrim.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, Presiden Jokowi dalam sidang kabinet paripurna telah menyetujui beberapa program Bansos.
 
Besaran yang diberikan kepada penerima Bansos Penduduk Miskin Ekstrim sebesar Rp600.000, paparnya dalam konfrensi pers Minggu 16 Januari 2022.
 
5. BLT PKLW
Pemerintah kembali memberikan Bansos atau bantuan tunai 1,2 Juta Rupiah, kepada pedagang kaki lima dan usaha warung pada awal Februari sampai Maret 2022.
 
Presiden Jokowi, secara resmi menyalurkan Bansos tunai 1,2 Juta Rupiah kepada pedagang dan usaha warung di Pasar Porsea Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara pada Rabu, 2 Februari 2022.
 
6. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat atau KPM, nilai yang diberikan mencapai Rp200.000 perbulan.
 
Sementara untuk PKH, diberikan kepada KPM yang memiliki kriteria tertentu yaitu keluarga yang memiliki ibu hamil dan balita sebesar 3 Juta Rupiah pertahun.
 
 
7. Program Keluarga Harapan (PKH)
Bantuan tunai PKH untuk keluarga miskin yang memenuhi kriteria yang di syaratkan, seperti kategori ibu hamil, balita, anak SD-SMA hingga lansia.
 
Pencairan bantuan PKH dibagi empat tahap dalam satu Tahun. Untuk pengecekan bisa langsung ke https://cekbansos.kemensos.go.id/.***

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah