Anda Sering Stres Saat Mengemudi? Simak 8 Tips Berikut

- 8 Desember 2021, 18:37 WIB
Mengemudi
Mengemudi /Pexels

PORTAL SULUT – Bukan hal aneh lagi, dengan kesibukan kita yang hidup dizaman yang dituntut serba cepat dan tepat waktu, sering kali kita merasahan stress, Tanpa terkecuali stress di saat mengemudi.

Mengemudikan suatu kendaraan di musim hujan merupakan kegiatan yang cukup menantang, karena ada beberapa resiko yang menghadang seperti jalan yang semakin macet, pohon tumbang, genangan air, atau kendaraan mogok.

Tentu saja ketika mengalami hal-hal tersebut, yang bisa dilakukan pengemudi harus tetap tenang dan jangan stres. Ada beberapa cara yang dapat mengusir stress di saat berkendara apalagi disaat mesim penghujan saat ini.

Baca Juga: Tips Agar Motor Lebih Irit, Hingga Bahaya Gonta Ganti Bahan Bakar

Dilansir dari Auto2000, ada beberapa tips mengenai bagaimana cara tidak mengalami stres ketika berkendara:

1. Mencoba Sabar dan Berdamai dengan Keadaan
Percobaan pertama ini merupakan cara yang paling sederhana untuk mengatasi stres dengan menyadari masalah dalam perjalanan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan siap menerima apapun resikonya. pergunakanlah waktu untuk berpikir dan menenangkan diri sejenak dari berbagai aktivitas yang menyita konsentrasi. Sehingga Anda tetap dapat fokus dan waspada saat mengemudi mobil.

2. Bikin Kabin Mobil Senyaman Rumah
Untuk yang berkendara memakai Mobil, Langkah ini cukup efektif. Kita harus mengusahakan senyaman mungkin saat berada di dalam mobil seperti berada di ruang keluarga rumah.
Dipastikan juga bahwa mobil terjaga kebersihannya dan tambahkan pengharum kabin agar suasana terasa lebih nyaman. Tidak lupa pula AC mobil harus dingin dan perangkat pendukung lain seperti head unit dan wiper mobil berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Merawat Performa Motor Matic, Salah Satunya Sering Cek Roller dan Vanbelt

3. Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin
Langkah ketiga ini juga tak kalah penting, yaitu dengan posisi berkendara yang tepat bukan hanya dapat mengantisipasi segala kondisi, namun juga menciptakan suasana rileks dan tenang.

Caranya sangatlah sederhana, kalian hanya duduk tenang dengan posisi nyaman jangan terlalu tegak yang bikin cepat lelah, tapi tidak terlalu rebah yang malah sulit mengantisipasi keadaan. Usahakan memegang setir dengan rileks namun tetap dapat melakukan manuver dengan cepat dan aman.

4. Siapkan List Musik Kesukaan
Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas yang bisa menenangkan perhatian di jalan. Hal ini penting untuk mengurangi paparan sumber stress serta dampak yang ditimbulkan terhadap pikiran secara terus menerus.
Pilihlah jenis musik yang disukai dan dapat memperbaiki mood, Tapi harus tetap focus dan jangan terlena saat mendengarkan musik pada saat mengemudi.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x