Terkait Gangguan Internet Indihome dan Telkomsel, Ini Penyebabnya

- 20 September 2021, 17:10 WIB
Telkomsel dan indihome gangguan jaringan
Telkomsel dan indihome gangguan jaringan /Twitter.com @telkomsel @indihome/


PORTAL SULUT - Masalah gangguan internet pada Indihome dan Telkomsel menjadi perbincangan hangat media sosial.

Terkait hal tersebut, TelkomGroup mengidentifikasi dan mengatasi masalah kabel laut yang menyebabkan gangguan internet pada layanan Indihome dan Telkomsel sejak kemarin, Minggu 19 September 2021.

"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom, Pujo Pramono, dikutip dari Antara.

Baca Juga: 6 Trik Belajar Taklukkan Tes PTS dari Pakar Belajar Dunia, Nomor 5 Paling Ampuh!

Gangguan layanan fixed broadband dan mobile broadband terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak.

Titik gangguan berasal dari sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam, di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," kata Pujo.

Pelanggan layanan fixed broadband Indihome dan mobile broadband Telkomsel mengeluh internet mereka melambat sejak Minggu 19 September pukul 17.33.

Indihome dan Telkomsel hingga siang ini menjadi topik terhangat (trending topic) di media sosial Twitter.

Telkomsel, dalam keterangan terpisah, menyatakan gangguan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, pada Minggu kemarin.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x