10 Produk Utama Indonesia yang Diekspor ke Luar Negeri

- 31 Juli 2021, 11:39 WIB
Ilustrasi ekspor
Ilustrasi ekspor /Pixabay/

PORTAL SULUT - Meningkatnya pengaruh teknologi pada zaman modern sangat berpengaruh pada perkembangan perekonomian pada suatu negara.

Dalam meningkatkan perekonomianya, semua negara berlomba-lomba untuk masuk pada kanca perdagangan internasional dengan cara melakukan ekspor.

Ekspor merupakan suatu kegiatan pemindahan barang dari tempat asal ke tempat lain. Dalam dunia perdagangan, pengertian ekspor adalah proses pengiriman atau penjualan barang dari dalam negeri dengan tujuan luar negeri.

Baca Juga: BPUM Sudah Cair! Presiden Jokowi Serahkan BLT UMKM Rp1,2 Juta, Cek Apakah Anda Termasuk?

Melakuakn ekspor dapat Menambah devisa negara karena ketika ada barang ekspor otomatis akan meningkatkan ekonomi negara sehingga menambah devisa negara indonesia.

Ekspor juga dapat meningkatkan hubungan Kerjasama karena semakin seringnya ekspor otomatis akan semakin menambah hubungan kerjasama yang baik karena saling membutuhkan.

Dilansir dalam ppei.kemendag.go.id berikut merupakan 10 produk utama Indonesia yang di eksport :
1. Udang
Negara tujuan ekspor :
Japan, Hong Kong, China, Singapore, Malaysia, Australia, Taiwan, Thailand, South Korea, Vietnam, USA, Belgium, England, Spain, French, Canada, Dutch, Italy, German.Japan, Hongkong, Cina, Singapore, Malaysia, Australia, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, Vietnam, USA, Belgia, Inggris, Spanyol, Prancis, Kanada, Belanda, Itali, Jerman.

2. Kopi
Negara tujuan ekspor :
Brazil, Spain, Italy, Turk, Argentina, USA, England, India, China, Thailand, Japan, Vietnam, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, Sri Lanka, Bangladesh, I gypt, Iran.

3. Minyak Kelapa Sawit
Negara tujuan ekspor :
India, China, Malaysia, Pakistan, Singapore, Banglades, Vietnam, Yordania, Tanzania, Afrika Selatan, Mesir, Iran, Mozambik, Jerman, Spanyol, Itali, Turki, Rusia, USA.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah