TPG Triwulan 1 dan 2 Cair, Pemerintah Beri Tambahan Tunjangan Guru TK, SD, SMP dan SMA, Ini Bocoran Kemenkeu

- 10 Juli 2024, 07:49 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Tangkap Layar Ig@smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Tangkap Layar Ig@smindrawati) /


PORTAL SULUT - Pemerintah mempercepat pencairan Tunjangan Profesi Guru atau sertifikasi guru triwulan 2 Tahun 2024.

Ini dilakukan agar terus mengupayakan kesejahteraan bagi guru di seluruh Indonesia. Upaya tersebut juga didukung dengan hadirnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 45 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Aparatur Sipil Negara Daerah.

Rabu 10 Juli 2034 ini sudah lebih dari 100 daerah di Indonesia mencairkan sertifikasi guru triwulan 2. Ini datanya KLIK DI SINI. Sementara sisanya masih dalam proses pencairan dan pemberkasan.

Baca Juga: Notifikasi Simpatika Berubah Tapi Saldo Kosong, Ini Jadwal Pencairan Tunjangan Insentif GBPNS Tahap 2

Dari data di djpk.kemenkeu.go.id anggaran untuk Dana Tunjangan Profesi Guru ASN Daerah dari Rp53.175,28 M sudah ditransfer ke kas daerah sebesar Rp29.223,54 M atau 54.96 persen.

Kemendikbud melalui Puslapdik menerangkan lamanya proses pencairan TPG. "Berapa lama saya harus menunggu pencairan tunjangan profesi/tunjangan khusus/insentif?," pertanyaan yang sering ditanyakan para guru.

"Tunjangan profesi/tunjangan khusus /insentif dapat dicek penyalurannya minimal 14 hari kerja setelah terbit SP2DTanggal terbit SP2D dapat dilihat di info GTK. Jika setelah 14 hari kerja setelah terbit Sp2D dana belum diterima maka Bapak/Ibu silakan menghubungi call center Kemdikbudristek di Nomor 177," tulis Puslapdik.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani, menyampaikan bahwa Ditjen GTK mendorong Pemda untuk dapat menyalurkan dana TPG ke rekening guru sebelum batas waktu 14 hari kerja sejak dana TPG diterima di rekening Kas Umum Daerah.

“Kami secara konsisten terus mengawal proses distribusi TPG sesuai dengan ketentuan serta berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Pemda untuk memastikan kelancaran proses penyaluran TPG bagi para guru,” tegas Nunuk Suryani.

Nah jika para guru sudah mendapatkan TPG triwulan 1 dan 2, para guru akan mendapatkan tambahan tunjangan dari pemerintah.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub