Sertifikasi Guru Triwulan 1 dan Triwulan 2 Belum Cair?, Kemendikbud Buka Layanan Pengaduan

- 10 Juli 2024, 05:14 WIB
Sertifikasi Guru Triwulan 1 dan Triwulan 2 Belum Cair?, Kemendikbud Buka Layanan Pengaduan
Sertifikasi Guru Triwulan 1 dan Triwulan 2 Belum Cair?, Kemendikbud Buka Layanan Pengaduan /


PORTAL SULUT - Pencairan sertifikasi guru atau Tunjangan Profesi Guru (TPG) sudah memasuki triwulan 2. Sudah lebih dari 100 daerah telah mencairkan tambahan tunjangan ini.

Untuk data penerima terbaru KLIK DI SINI.

Namun hingga saat ini masih banyak keluhan dari sejumlah guru terkait keterlambatan pencairan TPG triwulan 1. Kemendikbud membuka layanan pengaduan terkait pencairan TPG.

Sebelumnya para guru wajib tahu tahapan pencairan TPG 2024. Dikutip dari website tresmi Kemendikbud, Data Pokok Pendidikan atau Dapodik merupakan pintu awal bagi Kemendikbudristek untuk menyalurkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan Tunjangan Khusus Guru (TKG), baik bagi guru yang berstatus ASND maupun yang masih Non ASN.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya Pemerintah Beri Tambahan Tunjangan Ini ke Guru TK, SD, SMP dan SMA, Cair Juli

Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2023, guru yang telah memenuhi persyaratan untuk menerima tunjangan wajib menginput dan/atau memperbaharui data guru melalui Dapodik secara berkala, dan guru harus memastikan data terinput dengan benar. Kesalahan dalam penginputan data dan keterlambatan dalam memperbarui data dalam Dapodik akan berakibat tidak lancarnya proses pencairan tunjangan.

Data yang perlu diinput dan/atau diperbaharui yakni data terutama mengenai nama lengkap guru, satuan administrasi pangkal, beban kerja, golongan ruang, masa kerja, NUPTK, tanggal lahir, dan status kepegawaian.

Guru yang bersangkutan harus selalu memverifikasi dan memvalidasi data-data tersebut untuk memastikan kebenarannya. Kebenaran data tersebut menjadi tanggungjawab individu guru.

Alur Pencairan TPG

Proses pencairan tunjangan profesi dan tunjangan guru NonASN dapat dipantau/dilihat di aplikasi info gtk, di Simbar NonASN, dan pemberitahuan melalui sms blas ke nomor HP guru yang aktif dan terdaftar di Dapodik.

1. Guru NonASN didampingi operator sekolah menginput dan/atau memperbarui data Guru NonASN melalui Dapodik;

2. Operator dinas mengusulkan data guru melalui aplikasi SIMTUN/SIM-ANTUN

3. Ditjen GTK melakukan sinkronisasi data guru

4. Puslapdik melakukan verifikasi dan validasi

5. Puslapdik menerbitkan SKTP/SKTK

6. Puslapdik melakukan penyaluran ke rekening guru

7. Guru menerima tunjangan

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub