SELAMAT! Hari Ini Ada 3 Tunjangan Guru yang Cair, Salah satunya TPG Triwulan I 2024 dan ...

- 22 Mei 2024, 06:58 WIB
SELAMAT! Hari Ini Ada 3 Tunjangan Guru yang Cair. ANTARA/Yusuf Nugroho
SELAMAT! Hari Ini Ada 3 Tunjangan Guru yang Cair. ANTARA/Yusuf Nugroho /


PORTAL SULUT - Rabu 22 Mei 2024 ini adalah hari terakhir pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan I tahun 2024 sebelum libur dan cuti bersama Hari Waisak.

Namun ternyata, selain TPG, hari ini juga ada 2 tunjangan lainnya yang akan cair untuk para guru.

“Sebanyak 297 Pemda sedang dalam proses menyalurkan dana TPG ke rekening guru, dan sebanyak 223 Pemda belum dapat menyalurkan dana TPG mengingat masih dalam proses penyaluran dana dari Kas Negara ke Kas Umum Daerah setelah Kemendikbudristek melalui Ditjen GTK memberikan rekomendasi untuk percepatan penyaluran dana dari Kas Negara ke Kas Umum Daerah,” ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani.

Baca Juga: HEBOH Ada Paket dari China Diduga dari Sindikat Narkoba di Kirim ke Rumah-rumah, Terungkap Ternyata...

Nah tunjangan yang dicairkan berbarengan dengan TPG adalah tambahan penghasilan (Tamsil) untuk guru Aparatur Sipil Negara Daerah (ASN) non PNS dan carry over 2023.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Guru Aparatur Sipil Negara Daerah.

Besaran tamsil yang diberikan kepada guru non PNS adalah Rp250.000 per bulan. Tamsil diberikan kepada guru non PNS yang belum memiliki sertifikat pendidik.

Pencairan tamsil dilakukan triwulan sekali, sehingga guru non PNS akan menerima Rp750.000 setiap tiga bulan sekali.

Persyaratan untuk Menerima Tamsil:

- Berstatus sebagai guru ASN di daerah di bawah binaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah