CEK DI SINI Daerah yang Belum Cairkan 50 Persen TPG THR 2023 Khusus Guru

- 12 April 2024, 20:01 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani/(Tangkap Layar Ig@smindrawati)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani/(Tangkap Layar Ig@smindrawati) /

PORTAL SULUT - Sejumlah guru masih menanyakan pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) 50 persen pencairan tahun 2023.

Meski sudah lewat namun ternyata masih banyak daerah yang mencairkan 50% TPG di THR 2023, sementara daerah lainnya belum cair.

Ditahun 2023 lalu, Pemerintah memberikan 50 persen tunjangan profesi guru dan 50 persen tunjangan profesi dosen bagi guru dan dosen yang tidak mendapatkan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan dalam tunjangan hari raya (THR) 2023.

"Yang berbeda dan kami tambahkan pada pembayaran THR dan gaji ke-13 tahun ini adalah kepada guru dan dosen yang tidak mendapatkan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan, diberikan 50 persen tunjangan profesi guru serta 50 persen tunjangan profesi dosen," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca Juga: 4 Hari Lagi Jadwal Pencairan TPG Triwulan I 2024, Nomor HP Wajib Aktif

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, THR 2023 bagi aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan diberikan gaji atau pensiun pokok ditambah dengan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiun pokok, serta 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

Tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiun pokok terdiri dari tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan struktural, fungsional atau tunjangan umum lainnya.

Alasan Tak Cair

Lantas apa sebab banyak PNS yang tak mendapatkan 50 Persen TPG di THR 2023?

Dikutip dari Contact Center Dering DJPK Kemenkeu, alasan ada daerah yang tak cair 50 Persen TPG di THR 2023 karena daerah tersebut tidak menyampaikan Laporan Data Jumlah TPG dan Tamsil terkait Pembayaran THR dan Gaji Ketiga Belas Guru Tahun 2023 sesuai ketentuan sehingga tidak ada penyaluran dana THR dan Gaji Ketiga Belas berupa 50% TPG/Tamsil.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah