10 Tradisi Ekstrim di Indonesia

- 6 Desember 2021, 15:10 WIB
Ilustrasi Pertunjukan debus
Ilustrasi Pertunjukan debus /dispar.bantenprov.go.id

PORTAL SULUT - Indonesia adalah Negeri memiliki berbagai macam keanekaragaman yang ada di dunia, mulai dari budaya, suku, dan bahasa dari Sabang Sampai Merauke.

Namun Hebatnya semua saling menghormati dan menghargai karena ikatan Bhineka Tunggal Ika. Setiap budaya memiliki tradisi berbeda - beda sesuai adat dan keyakinan masing-masing.

Sebagai warga negara Indonesia tentunya bangga dengan keberagaman dan keunikan serta ciri khas di Negeri ini.

Baca Juga: 7 Mitos Gunung Semeru yang Tak Banyak Diketahui

Melansir dari laman Youtube MG Channel, inilah 10 tradisi budaya di Indonesia yang pasti membuat kita merinding, yuk simak ulasannya.

1. Ikipali
Ikipali adalah ungkapan kesedihan dengan memotong jari. Salah satu suku daerah Papua tepatnya suku Dani memiliki tradisi memotong jari yang disebut ikipali.

tradisi ini terbilang ekstrim yang dilakukan bila ada salah satu anggota keluarga atau kerabat dekat yang meninggal dunia. Seperti suami, istri, Ayah, Ibu, anak, dan adik.

suku Ayah atau Ibu dari anggota keluarga dari suku Dani wajib memotong jarinya sebagai simbol sakitnya saat kehilangan anggota keluarga dan untuk mencegah terulang kembali malapetaka yang telah merenggut nyawa anggota keluarga mereka.

2. Debus
Debus merupakan tradisi yang di gelar di daerah Banten. Kini Debus sering menjadi ajang pertunjukan oleh masyarakat Banten.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network