Ide Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

- 13 Januari 2021, 17:29 WIB
ilustrasi makanan sehat /Pikiran-rakyat.com

PORTAL SULUT - Situasi pandemi yang belum berakhir semakin mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga kesehatannya, tak terkecuali meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Setiap hari sistem kekebalan tubuh seseorang bertemu dengan jutaan kuman dan virus yang berasal dari lingkungan sekitar.

Seringkali virus tersebut masih dapat dilawan sehingga membuat kondisi tubuh kita sehat seperti biasa saja. Namun yang perlu diwaspadai adalah virus ganas seperti Covid-19 yang sedang berlangsung.

Untuk itu, penting meningkatkan gerbang pertahanan tubuh dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan, seperti vitamin C, vitamin D, vitamin E, Zinc, dan Omega-3.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, mulai dari berolahraga, menghindari stres, istirahat yang cukup, mengonsumsi suplemen dan vitamin, serta makan makanan yang mengandung nutrisi. Berikut beberapa ide menu makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi dengan bahan yang mudah didapatkan di sekitar:

Sup Bayam Jagung

Salah satu olahan bayam yang paling umum adalah menjadikannya dalam bentuk sup dan ditambahkan bulir jagung yang manis.

Bayam menjadi salah satu bahan makanan yang direkomendasikan karena memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten yang berfungsi meningkatkan kemampuan melawan infeksi. Ditambah lagi nutrisi dari jagung yang mengandung asam folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B yang baik untuk mendukung kinerja organ tubuh.

Bayam juga merupakan sayuran rendah kalori yang baik untuk menjaga berat badan tubuh. Cukup rebus jagung dan bayam serta tambahkan sedikit garam untuk rasa. Usahakan tidak merebus bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X