2021 Kemendikbud Gelar Tes Guru Honorer via PPPK, Kesempetan Hanya 3 Kali

- 4 Januari 2021, 12:35 WIB
Ilustrasi PPPK 2021 dan Seleksi CPNS 2021.*
Ilustrasi PPPK 2021 dan Seleksi CPNS 2021.* /ANTARA/Nova Wahyudi

PORTAL SULUT - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar tes pengangkatan PPPK bagi guru honorer di seluruh Tanah Air.

Nadiem sendiri mengungkapkan beberapa waktu lalu, tes yang digelar mulai 2021 itu ditargetkan akan menyerap sebanyak satu juta guru honorer untuk diangkat menjadi PPPK.

"Di tahun 2021 kami akan memastikan semua guru honorer akan bisa melakukan tes online untuk membuktikan kelayakan mereka menjadi PPPK," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada 16 November 2020 kemerin.

Baca Juga: Ternyata, Ini 6 Tips Sederhana Dapat Menghilangkan Minyak Pada Wajah

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tengah telah menyiapkan materi pembelajaran mandiri yang dapat diakses secara daring atau online oleh para guru.

Nadiem berharap, materi yang nantinya telah disiapkan Dirjen GTK makin memperbesar kesempatan para guru honorer untuk bisa lolos seleksi menjadi PPPK. Karena sifat materinya yang mudah dan gratis untuk diakses.

Untuk guru yang akan diangkat menjadi PPPL ihwal penggajiannya akan dijamin oleh pemerintah pusat yang dananya bersumber dari APBN. Langkah ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kesejahteraan yang layak bagi para guru.

Baca Juga: Hari Ini Bansos Mulai Disalurkan, Cek Nama Anda Penerima atau Tidak

Sementara itu, untuk guru honorer yang tidak lolos seleksi di tahun ini bisa mengulang di tahun-tahun berikutnya. Nadiem mengatakan tiap guru honorer memiliki kesempatan tes sebanyak tiga kali untuk bisa diangkat menjadi PPPK.***

Editor: Ainur Rofik


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x