DESEMBER Jadi Pencairan Terakhir, Ini 4 Bansos yang Dihapus Tahun 2023

- 15 Desember 2022, 19:24 WIB
Ilustrasi Bansos 2022
Ilustrasi Bansos 2022 /Tangkap layar YouTube.com/Kemensos RI


PORTAL SULUT - Desember ini menjadi pencairan terakhir sejumlah bantuan langsung tunai (BLT). Pasalnya ada 4 bansos yang akan dihapus tahun depan.

Meski dihapus, pemerintah akan menganti dengan 6 bansos baru. Apa saja? cek di sini

Pemerintah telah menganggarkan 479,1 T sebagai dana perlindungan sosial di tahun 2023 nanti. Dana ini yang nanti akan digunakan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan miskin melalui 6 jenis bantuan.

Baca Juga: Geger! Pria di NTT Temukan Jari Manusia di Sayur Lodeh, Ini Kronologinya

Lantas 4 bantuan sosial apa saja yang akan dihapus di tahun 2023? berikut daftarnya

1. BLT BBM

Pemerintah telah menyalurkan BLT BBM kepada masyarakat yang lolos verifikasi dan membutuhkan. Bantuan ini diberikan sebagai bantalan atas kenaikkan BBM.

Kebijakan BLT BBM ini diperuntukkan bagi 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat yang masing-masing menerima Rp150 ribu/bulan/KPM. Tahap I pada Bulan September 2022 telah tersalurkan untuk dua bulan yaitu September dan Oktober, sehingga masing-masing KPM secara tunai menerima Rp300 ribu yang penyalurannya melalui PT Pos Indonesia. 

Sementara itu untuk penyaluran tahap kedua disampaikan pada Bulan November. Penyaluran tahap II ini merupakan penyampaian BLT BBM untuk Bulan November dan Desember.

“September-Oktober ini sudah disalurkan sebanyak Rp300 ribu per keluarga. Bulan November akan disalurkan yang kedua Rp300 ribu lagi. Jadi totalnya sampai dengan akhir tahun ini Rp600 ribu untuk penerimanya tadi 20,65 juta KPM,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x