Mau Bisnis Beternak? Inilah 4 Usaha Ternak Cepat Panen, Bisa Untung Besar, Nomor 4 Bisa Sampai Belasan Juta

- 9 Februari 2022, 18:22 WIB
ilustrasi peluang usaha
ilustrasi peluang usaha /Pixabay/

PORTAL SULUT – Memang yang namanya bisnis harus cepat balik modal dan agar bisa cepat balik modal, sekiranya perputaran uang dalam bisnis itu harus relatif cepat.

Hal yang semacam itu ternyata bisa dilakukan dalam bisnis peternakan jika waktu untuk panennya itu berlangsung cepat dan benar-benar menghasilkan.

Ada beberapa usaha ternak yang cepat panen namun tidak sehat secara keuangan karena tidak seimbang antara cepat panen dengan keuangan bisnis yang bagus.
 
Baca Juga: 5 Peluang Usaha Paling Banyak Untung Dengan Modal Kecil Kurang Dari Rp1 Juta

Banyak kita jumpai bisnis yang cepat panen tapi kondisi keuangannya tidak bagus, cenderung satgnan, bahkan gagal.

Nah, berikut ini ada 4 usaha ternak yang cepat panen dan bisa untung 300 ribu sehari, bahkan nomor 4 bisa meraup keuntungan sampai 17 juta per bulan.

Dilansir portalsulut.pikiran-rakyat.com dari kanal YouTube Inspirasi Pagi, inilah 4 usaha ternak cepat panen yang menguntungkan.

1. Ternak Burung Kicau

Usaha ternak burung Kicau memang menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Beberapa orang pun mengaku terkejut ketika menyadari besarnya keuntungan yang dihasilkan dari bisnis ini.

Dengan usaha ternak burung Kicau, dapat penghasilan puluhan juta sebulannya bukanlah hal yang mustahil untuk didapatkan.

Misalnya, Arun yang berawal dari hobi burung, kini bisa jualan burung kicau dengan omset 60 juta per bulan.

Kisaran harga burung yang dijual Arun juga terjangkau mulai dari 550 ribu sampai 1.6 juta per ekor. Namun kisaran harga ini hanya untuk burung bahan atau burung yang belum dilatih.

Sedangkan untuk burung yang sudah terlatih bisa dihargai sampai 5 jutaan. Tentu ini termasuk hasil yang sangat luar biasa.

Sekarang kios Arun sudah berjalan kurang lebih 2 tahun dan omset kotornya telah menyentuh 50 juta hingga 60 juta per bulannya.

Usaha ternak burung kicau milik arun ini bisa dijadikan inspirasi kalau usaha burung kicau bisa menjad mata pencaharian yang terbilang menjanjikan.

2. Usaha ternak ikan belut

Usaha ternak yang satu ini terbilang menarik, sebab sumber daya belut kini mulai banyak diminati. Hal ini tak lepas dari tingginya permintaan baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Karena banyaknya peminat ikan belut, peluang usaha ternak ikan belut sangatlah besar dengan pasarnya yang semakin banyak.

Ada beberapa alasan yang membuat banyak orang yang berminat untuk melakukan usaha ternak belut ini.
 

Beberapa diantaranya adalah pemeliharaan yang mudah, tidak butuh modal besar, permintaan yang tinggi di pasar, hingga laba yang sangat besar. Bahkan keuntungan bersih dari usahan ternak ikan belut ini bisa mencapai 85%.

Hal ini dialami oleh Muhammad Fajar Junariata yang sudah berpengalam pada usaha ternak yang satu ini.

3. Usaha ternak bebek petelur

Usaha ternak bebek petelur bisa menjadi ide bisnis yang membuka peluang menguntungkan karena ternak usaha ternak ini memiliki banyak keuntungan dalam segi bisnis.

Selain permintaan daging bebek yang cukup tinggi, telur bebek juga menjadi komunitas peternak bebek yang menjanjikan.

Beternak bebek juga mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan ternak ayam lantaran bebek mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik.

Selain itu, cara pemeliharaan atau cara beternak bebek juga cukup mudah untuk dilakukan, dan keunggulan lainnya adalah bebek juga merupakan salah satu jenis ungags yang semua bagiannya bisa digunakan.

Mulai dari telur, daging, hingga bulu bebek, semua itu mempunyai harga jual yang lumayan.

Jadi, jika menekuni usaha ternak yang satu ini, bisa jadi suatu hari kamu akan menjadi peternak yang besar. Makanya banyak yang berhasil di bidang ternak bebek petelur karena memang potensinya sangat menggiurkan.
Baca Juga: 4 Peluang Usaha yang Cocok Bagi Generasi Milenial di Tahun 2022, Bisa Kerja Sambil Rebahan

4. Usaha ternak Kroto (Semut Rang Rang)

Bagi kalian yang hobi burung, mungkin kalian sudah tidak asing dengan Kroto atau semut rangrang, karena Kroto merupakan makanan burung kicau.

Kroto atau semut rangrang, belakangan ini semakin banyak dicari. Hal ini karena para pecinta burung kicau semakin banyak di Indonesia dan membutuhkan Kroto sebagai makanan burung kicau mereka.

Bahkan ada seorang peternak Kroto yang bisa menghasilkan keuntungan sebesar 25 juta sebulan dari telur semut rangrang.

Ia adalah Maria Ulfa, warga Yogyakarta. Disaat orang lain mengeluh terhadap keberadaan semut rangrang. Pengusaha dengan panggilan Ulfa justru menikmati rezeki dari hewan kecil ini.

Awalnya ia mengikuti pelatihan budidaya Kroto dalam media toples di Yogyakarta selama satu bulan dengan empat kali pertemuan.

Singkat cerita, usaha Kroto milik ulfa ini berkembang dengan sangat cepat dengan kapasitas penjualan Kroto per bulan sebanyak 100 kg seharga 135-150 ribu perkilogramnya.

100 hingga 150 toples bibit kroto seharga 75 ribu hingga 160 ribu per toplesnya dengan ukuran satu hingga lima liter, ulfa bisa meraih omset hingga 25 juta per bulan dengan keuntungan 60%.

Itulah 4 usaha ternak cepat panen dengan keuntungan yang besar, bahkan bisa meraup 17 juta per bulannya.***

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah