Perhatikan! Berikut Cara Cek Status DTKS Kemensos untuk Dapat Bansos PKH dan BPNT Tahun 2022

- 6 Februari 2022, 20:18 WIB
Perhatikan! Berikut Cara Cek Status DTKS Kemensos untuk Dapat Bansos PKH dan BPNT Tahun 2022
Perhatikan! Berikut Cara Cek Status DTKS Kemensos untuk Dapat Bansos PKH dan BPNT Tahun 2022 /Instagram @dinsosddkijakarta

PORTAL SULUT — Berikut cara cek status di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kartu Sembako tahun 2022.

Kemensos akan kembali menyalurkan Bansos PKH dan BPNT Kartu Sembako tahun 2022, bagi para penerima yang masuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS.

Bagi masyarakat yang ingin mendapat Bansos PKH, dan BPNT Kartu Sembako, lebih dahulu harus terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Kemensos.

Baca Juga: Info Bansos Februari 2022, Sebanyak 7 Bansos Pemerintah Segera Cair, Cek Apakah Anda Termasuk

Cukup menyediakan KTP dan Kartu Keluarga sebagai dokumen penting, untuk melakukan pendaftaran pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Kemensos.

Di bawah ini cara daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Kemensos ke kantor kelurahan setempat:

  1. Masyarakat (fakir miskin) mendaftarkan diri DTKS ke Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK.
  2. Lalu akan dilakukan Musyawarah di tingkat Desa/Kelurahan untuk membahas kondisi warga yang layak masuk ke dalam DTKS.
  3. Hasilnya akan ditampilkan Berita Acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah dan perangkat desa lainnya.
  4. Berita Acara kemudian digunakan oleh Dinas Sosial untuk melakukan verifikasi dan validasi data dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga.
  5. Data yang telah diverifikasi dan validasi kemudian diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh Operator Desa/Kecamatan.
  6. Data yang sudah diinput di SIKS akan diproses oleh Dinas Sosial untuk verifikasi dan validasi lapor kepada bupati/walikota.
  7. Bupati/walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan kepada Gubernur untuk diteruskan kepada Menteri.

Untuk memastikan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Kemensos, dapat mengecek status di cekbansos.go.id.

Baca Juga: Bansos Sembako BPNT Bulan Februari 2022 Belum Cair? Lakukan Hal ini, Gampang Boleh Lewat HP

Berikut cara mengecek status Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Kemensos untuk mendapatkan Bansos PKH dan BPNT Kartu Sembako tahun 2022.

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Akan muncul kolom ‘Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial PKH dan BPNT Kartu Sembako’.
  3. Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.
  4. Masukkan nama sesuai KTP.
  5. Masukkan 4 huruf/angka pada kolom ‘Kode’.
  6. Klik tombol ‘Cari Data’.

Itulah cara mengcek status di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Kemensos untuk dapatkan Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kartu Sembako tahun 2022

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x