7 Langkah Memulai Usaha Fotografi, Pengusaha Muda Wajb Tahu

- 29 November 2021, 15:51 WIB
Ilustrasi memulai usaha fotografi
Ilustrasi memulai usaha fotografi /Pixabay/Split Shire/

PORTAL SULUT – Peluang usaha fotografi selalu ada dan akan bertambah pesat meski hampir semua orang sudah punya kamera HP. Kenyataannya, pengusaha fotografi yang cerdik mampu beradaptasi dan malah bisa menangkap kondisi saat ini sebagai peluang untuk melipatgandakan usahanya.

Saat ini kegiatan fotografi tidak hanya didominasi oleh juru kamera media massa atau para fotografer profesional, tetapi telah menjelma menjadi bagian fashion and lifestyle di kalangan anak muda.

Tentang fenomena “Everybody’s a photographer”, anak muda yang berprofesi sebagai fotografer profesional untuk berbagai acara entah itu pernikahan, Ulang tahun ataupun bahkan acara dimedia online, menilai fotografi sekarang menjadi bagian dari gaya hidup. Ini membuktikan bahwa Masa depan Usaha usaha fotografi mempunyai peluang yang besar.

Baca Juga: Selain Dapat Meningkatkan Harga Diri Seseorang, Berikut 7 Manfaat Memelihara Ikan Hias dalam Aquarium

Berikut ini beberapa peluang usaha fotografi yang tetap menghasilkan banyak uang:
1. Belajar Fotografi
Pengusaha muda yang berniat usaha fotografi, harus mengawalinya dengan belajar Teknik fotografi. Karena Teknik fotografi kini dapat dipelajari diberbagai tempat entah itu otodidak ataupun lewat kursus fotografi. Teknik fotografi terbilang mutlak untuk diketahui oleh para fotografer. Triangle Photography atau segitiga exposure adalah pelajaran yang harus diketahui oleh seorang fotografer.
Ada 3 elemen utama dalam Segitiga Fotografi tersebut, yakni Shutter speed, Aperature, dan ISO. Ketiganya sangat berperan dalam dunia fotografi. Semua jenis kamera memiliki shutter atau sering disebut dengan tirai, serta kecepatan membuka dan menutupnya disebut shutter speed.

Ini berkaitan dengan blur dari hasil fotografi. Karena shake dan cahaya yang terlalu banyak akan mempengaruhi kualitas dan hasil dari fotografi tersebut. Selain itu juga ada Aperature atau tingkap yang terdapat pada lensa pembentuk. Dan dapat dibuka lebar maupun kecil.

Yang ketiga adalah ISO yang berkenaan dengan kepekaan sensor sebuah kamera. Dimana sensitivitas kamera akan sangat berpengaruh dengan hasil gambar yang didapatkan.

2. Menjadi Fotografer Freelance
Usaha fotografi dengan menjadi fotografer freelance tidaklah saah. Bila dengan mengawali karir dari ‘nol’ dapat memberikan kisah kesuksesan yang luar biasa pasti akan menjadi cerita mengesankan bagi anda yang tidak ada duanya.

Tidak ada yang mulus, harus ada perjuangan namun juga dapat menjadi pelajaran luar biasa untuk dapat terus berkarya dan akan tetap mencoba hal-hal baru.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x