Selain BLT UMKM, Ini Daftar Bantuan dari Pemerintah Juni 2021, Nomor 3, 4 dan 5 Sedang Buka Pendaftaran

- 7 Juni 2021, 11:37 WIB
Ilustrasi bantuan dari Pemerintah Juni 2021
Ilustrasi bantuan dari Pemerintah Juni 2021 /Instagram.com/@bank_indonesia


PORTAL SULUT – Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke pada tahun 2021. Bantuan ini telah dianggarkan melalui APBN 2021.

Pemerintah berharap bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 serta menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional, membangkitkan ekonomi nasional, memperkuat daya beli masyarakat sehingga pertumbuhan ekonomi nasional meningkat dan lebih baik.

Berikut ini daftar bantuan yang bisai dinikmati tahun 2021.

Baca Juga: Dua Bantuan Pemerintah Cair Bulan Juni 2021, Begini Cara Mudah Mengetahui Nama Penerima

1. Program Keluarga Harapan (PKH)
Pada tahun ini, Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) program keluarga harapan (PKH).

Program bantuan sosial (bansos) ini tertuang dalam surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial nomor 02/3/BS.02.01/01/2020 tentang Indeks dan Faktor Penimbang Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan 2020.

Bantuan dilakukan dalam kurun waktu satu tahun. Adapun, bantuan akan dilakukan dalam empat tahap, yakni Januari, April, Juli, dan Oktober.

Bantuan ini disalurkan melalui rekening himpunan bank milik negara (Himbara), yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.

Pemerintah membatasi bantuan maksimal empat orang dalam satu keluarga. Penerima PKH terdiri dari dua komponen yang ada dalam keluarga, pertama, komponen keluarga yaitu ibu hamil, anak usia dini, keluarga, lansia, dan disabilitas. Komponen lainnya adalah bantuan pendidikan keluarga PKH bagi anak usia sekolah SD hingga SMA.

Komponen kesehatan:
- Ibu hamil/nifas, berhak mendapatkan bantuan Rp3 juta per tahun;
- Anak usia dini, berhak mendapatkan bantuan Rp3 juta per tahun.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x