Ini Tips Aman Transaksi Online Selama Ramadhan hingga Idul Fitri

- 14 April 2021, 17:19 WIB
Belanja online menjadi tren masa kini bagi masyarakat.
Belanja online menjadi tren masa kini bagi masyarakat. /pixabay.com/Preis_King

PORTAL SULUT - Transaksi melalui internet atau online, sudah dimulai sejak sekitar 25 tahun silam. Namun kegiatan tersebut makin membuncah, seiring meledaknya pandemi Covid-19 setahun lalu.

Berbelanja secara online menjadi tren dan marak dilakukan banyak orang. Namun begitu, para pelaku kejahatan pun mengintai pengguna yang melakukan transaksi virtual.

Sebuah perusahaan keamanan siber, Kaspersky membagikan wawasan terbaru dan tips agar masyarakat Indonesia bisa merayakan Idul Fitri dengan aman, meski dalam kondisi virtual.

Baca Juga: CATAT! Ini Kabar Terbaru Pencairan Sertifikasi Guru Desember 2020 dan Triwulan I Tahun 2021

Menurut keterangan dari perusahaan tersebut, Rabu 14 April 2021, sebanyak 378.973 upaya malware seluler terdeteksi di Indonesia. Angka ini, menurun 31,89 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019, yakni 556.486 upaya serangan malware.

Meski mengalami penurunan, Indonesia masih menjadi negara tertinggi di Asia Tenggara dalam hal serangan malware. Secara global posisi Indonesia juga di urutan ke empat negara dengan deteksi terbesar mobile malware.

Mobile malware yang paling umum terdeteksi di Indonesia adalah Trojan, Trojan Downloader, Trojan-Dropper, Trojan-SMS, dan HackTool. Di mana, 99 persen ancaman diciptakan untuk perangkat Android dan kurang dari 0,1 persen untuk iOS di seluruh dunia.

Managing Director Asia Pasifik Kaspersky, Chris Connell mengatakan Ramadhan dan Idul Fitri merupakan momen perayaan penting dan terbesar di Indonesia.

"Dengan teknologi yang sekarang kita miliki di genggaman tangan, kami yakin ini dapat memungkinkan keluarga khususnya di Indonesia untuk bersatu dan saling merangkul dengan batuan teknologi," katanya seperti ditulis PMJ News.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah