Cukup Miliki Sertifikat Pelatihan, Alumni Kartu Prakerja dapat Bantuan Lagi, Ini Caranya

- 9 April 2021, 07:23 WIB
Ilustrasi bantuan alumni Kartu Prakerja
Ilustrasi bantuan alumni Kartu Prakerja /Depok Pikiran Rakyat/


PORTAL SULUT - Pemerintah kembali memberikan bantuan untuk pemulihan ekonomi. Kali ini, untuk peserta Kartu Prakerja 2020 atau alumni Program Kartu Prakerja.

Syaratnya pun sangat mudah. Menurut Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian, Gede Edy Prasetya, tak semua alumni akan mendapatkan bantuan.

Mereka yang mendapatkan bantuan berdasarkan database di Komite Kebijakan KUR, yaitu alumni yang sudah menyatakan minatnya mengakses KUR dari survei yang di-blast Manajemen Kartu Prakerja.

Alumni Kartu Prakerja harus memiliki riwayat tak miliki masalah pada Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK (SLIK OJK). Artinya mereka tak miliki riwayat peminjaman kredit debitur, yang dinyatakan lancar atau macet.

Baca Juga: Alumni Kartu Prakerja dapat Bantuan Lagi, Ini Syarat dan Ketentuannya

Dari Persyaratan tersebut, tercatat sebanyak 13.525 alumni Prakerja diberikan tawaran pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro.

“Per tadi pagi hingga pukul 12.00 WIB WIB ada 13 ribuan yang telah lulus dan tersentuh jaringan digitalisasi kami mendapatkan WhatsApp blast,” kata GM Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 BNI Bambang Setyatmojo saat Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja melalui Pembiayaan KUR di Jakarta, Kamis 8 April 2021, seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, lanjut dia, sebanyak 777 calon debitur juga telah mengajukan kredit. Ia juga menjelaskan proses pengajuan KUR super mikro cukup mudah hanya dengan menekan link yang ada pada WhatsApp blast dan mengisi e-form KUR digital.

“Cukup mengisi tiga pertanyaan yaitu nomor handphone, bidang usaha, dan omset. Kemudian petugas BNI akan melakukan follow up,” ujarnya.

Sedangkan bagi para alumni kartu pra kerja yang belum mendapatkan pemberitahuan pengajuan KUR super mikro melalui SMS, disarankan untuk mengunjungi cabang BNI terdekat untuk melengkapi data.

Halaman:

Editor: Harry Tri Atmojo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x