Alhamdulilah, Pemerintah Perpanjang Subsidi Bunga KUR di 2021

- 30 Desember 2020, 11:27 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan  pemberian subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR) diperpanjang hingga akhir tahun 2021.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan pemberian subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR) diperpanjang hingga akhir tahun 2021. /Dok Setkab.

PORTAL SULUT - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyampaikan pada tahun 2021, pemerintah akan terus memacu penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sebagai upaya mendorong dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat membantu pemerataan dan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Kebutuhan KUR untuk UMKM untuk mempercepat pemulihan ekonomi pada masa COVID-19 cukup besar, maka target penyaluran KUR tahun depan ditingkatkan. Dengan peningkatan itu, maka ada tambahan anggaran subsidi bunga KUR 2021 sebesar Rp7,6 triliun,” ujarnya, seperti di kutip Portal Sulut dari laman Kemenko Perekonomian. Senin 28 Desember 2020.

Baca Juga: Live Streaming Catatan Kinerja Kementrian PANRB

Pada rakor yang digelar untuk mengevaluasi penyaluran KUR di 2020 dan memutuskan kebijakan yang menjadi dasar pelaksanaan KUR di 2021 ini.

Pemerintah juga memutuskan untuk memberikan tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen selama 6 bulan.

Dalam rakor juga diputuskan untuk meningkatkan plafon KUR di 2021 menjadi sebesar Rp253 triliun, meningkat dibandingkan plafon yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu sebesar Rp220 triliun.

Baca Juga: Ada Kendala Terkait Kartu Prakerja? Begini Cara Ajukan Form Pengaduan

Peningkatan tersebut merupakan respon atas antusiasme pelaku UMKM yang tinggi akan kehadiran KUR dengan suku bunga rendah dan juga harapan pemulihan usaha UMKM.

“Penyaluran KUR ke sektor UMKM membantu sektor usaha ini cepat bangkit di masa pandemi, sehingga pemerintah akan terus memberikan dukungan sehingga UMKM dapat mengoptimalkan perannya sebagai penggerak ekonomi,” ujar Menko Perekonomian.

Halaman:

Editor: Ainur Rofik

Sumber: kemenko perekonomian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x